Selasa, 08 September 2020

DI POJOK DESA, SAYA RINDU SIGNAL 1MB/S

   Saya adalah salah satu tenaga pendidik di sebuah Sekolah Dasar Negeri di pojokan desa bernama Trikarya Kecamatan Purwodadi Kabupaten Musi Rawas Propinsi Sumatera Selatan. 
   Sejak adanya Pandemi Covid-19, sebagian pekerjaan disarankan bahkan hampir wajib menggunakan sarana digital, kalau dalam bahasa sehari-hari disebut "online". 
   Perusahaan, kantor, bahkan Sekolah pun wajib beroperasiolan "online" termasuk di Sekolah tempat kami memgajar. Nah, disini merupakan tantangan tersendiri bagi saya karena kata "pojok" yg saya sampaikan diatas af
dalah pojok segala-galanya. Pojok jalannya, pojok sarananya termasuk pojok signal selulernya, dan lain sebagainya. (Pojok = sudut = terjepit = minim), begitulah kira-kira. Namun begitu saya masih bisa bekomunikasi "agak baik" namun 
menggunakan aplikasi ringan semacam Whatsapp (WA), walau yaa tetap naik-turun, keluar-masuk untuk berburu signal walau sebesar 3,00 kb/d.
 Singkat cerita saya sering dikirim link blog oleh seorang guru senior salah satu sekolah dasar di daerah kami juga. Beliau sering mengirim blog pribadiny yang katanya berisi naskah tulisan, foto dan video. Saya senang walau cuma bisa baca "judunya" karena untuk membuka blog tersebut saya butuh paling tidak signal daya sebesar 20,00 kb/d. Oh sedihnya. 
  Beberapa waktu kemudian, guru tersebut mengajak saya untuk gabung dalam acara pelatian membuat blog bersama blogger Musi rawas dan organisasi PGRI Musi Rawas. Awalnya saya agak cuek karena kesibukan saya dan menoleh kebelakang bahwa gk akan bisa karena signal saya kurang bagus dan pasti (asumsi saya) acara ini pakai apkikasi zoom meeting. Oh tidaaak.
  Intip-intip grup GTK di Kecamatan kami ternyata pendaftaran sudah dibuka. Masih saja saya cuek. Beberapa hari kemudian, beliau (si guru senior) menghubungi saya lewat WA bahwa saya sdh di daftarkan dalam grup pelatihan blogher musi rawas. Saya berterimakasih, tapi tetap agak cuek sambil mikir bagaimana cara saya medapatkan signal data yang baik nantinya jika pelatihan dimulai. Apalagi saya menembaca (sekilas) kalau acaranya "malam hari". Yasudah, terima saja dulu (batin saya).
  Singkatnya lagi, dari sore tadi ampai sehabis magrib saya mencoba mengolah-olah 3 android yang ada dirumah agar bisa digunakan sebagai wifi. alhamdulillah dapat signal 25kb/d, tetapi hp harus diletakkan dikebun sebelah tepatnya di bawah pohon sawit. Oh sungguh terlalu..tapi senanglah hati ini walaubtak cukup buat zoom meeting. Yangboenting cina aja dulu (batin saya).

  Lebih singkat lagi, Akhirnya malam ini kami mulai belajar membuat blog bersama blogger Musi Rawas yang dipandu langsung oleh beliau (si guru senior) dengan lancar karena tak lerlu signal besar untuk membuka zoom meeting.. Oh ternyata pelatihan cukup pakai Grup Wa. Gereget sekaligus bersyukur.
  Terimakasih, Blogger Musi Rawas, PGRI Musi Rawas, Terimakasih sangat buay guru senior kami, PakD Santo. Semoga ilmunya bermanfaat dunia Akhiray...amiiin

3 komentar:

LAGU "MENANAM JAGUNG", VIDEO BELAJAR KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 1

Assalamualaikum sahabat semua.... Berikut ini saya tampilkan video lagu "Menanam Jagung" untuk membantu belajar kelas 4 tema 2 Sub...